Jumat, 03 Juni 2016

Jembatan Timbang/Timbangan Truk (Truck Scale)

Jembatan timbang/timbangan truck adalah seperangkat alat untuk menimbang kendaraan barang/truk yang dapat dipasang secara tetap atau alat yang dapat dipindah-pindahkan (portable) yang digunakan untuk mengetahui berat kendaraan beserta muatannya digunakan untuk pengawasan jalan ataupun untuk mengukur besarnya muatan pada industri, pelabuhan ataupun pertanian.

Jembatan Timbang

Sistem dan Komponen Jembatan Timbang

Bagian-bagian Jembatan Timbang

Sistem Jembatan Timbang

Pondasi
Pondasi jembatan timbang sama seperti pondasi pada umumnya yang biasanya terdiri dari cor beton besi bertulang, stross, tiang pancang (disesuaikan kondisi kepadatan tanah). Fungsi dari pondasi ini adalah untuk tempat berdirinya loadcell yang akan menopang platform jembatan timbang. jadi untuk pondasi jembatang timbang harus diperhatikan penuh dan teliti karena sangat berpengaruh terhadap linieritas penunjukan berat pada timbangan, dan sangat sulit juga untuk maintenant apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan pondasi. Ada 2 model untuk pondasi jembatan timbang yaitu model atas tanah dan model rata tanah.

Platform
Konstruksi platform jembatan timbang yang umum digunakan adalah menggunakan rangkaian besi UWF. untuk ukuran dan model disesuaikan dengan kapasitas maksimum yang diinginkan pengguna dan kondisi tempat lokasi. Ada beberapa model platform/konstruksi: Pitt Less, Pitt Type, dan Semi Pitt

Model Pitt Less

Model Pitt Type

Model Semi Pitt

Instrument Elektronik
Indicator
Indicator adalat alat yang digunakan untuk membaca dan mengetahui berat dari beban / truck yang ditimbang, alat ini terhubung dengan sensor/loadcell.
Load cell
Loadcell atau tranduser adalah sensor tekan yang berfungsi untuk mengirim sinyal output (mv) ke indicator.
Junction box
Junction box berfungsi untuk ajusment output dari loadcell, jadi fungsi utama komponen ini adalah untuk meratakan output loadcell ke indicator.

Optional Instrument
Instrument tambahan yang juga diperlukan pada jembatan timbang:
Software weighing management sistem
Fungsi dari software ini adalah untuk mempermudah user/operator dalam menjalankan tugas penimbangan. dalam software ini semua data penimbangan akan tersimpan dan ada beberapa jenis laporan yang tersedia. selain itu juga untuk membuat/mengeluarkan tiket timbangan.
Komputer dan printer 
Perangkat keras (hardware)
External display/indicator display
Display tambahan untuk monitor bagi para sopir pengguna. Display tambahan ini terhubung dengan indicator yang letaknya ada di luar rumah timbang, penunjukan berat sama dengan penunjukan berat   yang ada di indikator.
CCTV/Kamera
Monitoring proses penimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar