Rabu, 29 Juni 2016

Jembatan Timbang Kereta Api (Train Scale)

Jembatan Timbang Kereta Api (Train Scale)

Jembatan timbang kereta api (train scale), pada dasarnya adalah sama dengan timbangan pada umumnya (baca jembatan timbang truk), bedanya mempunya rancangan khusus bak dimension agar kereta tidak ambruk, bahan atau material harus khusus, dan pondasi pastinya harus kuat. Semua harus kuat dengan kapasitas yang diperlukan dan diperhitungkan secara detail sesuai dengan prosedur yang ada. Walaupun pada dasarnya sama dengan timbangan pada umumnya tetapi timbangan kereta api
tetap ada perbedaan, sebab kereta api bisa guling/ambruk, sedangkan timbangan umumnya tidak bisa guling (sepanjang desain load cell dan platform baik dan benar secara teknik).
Jembatan timbang kereta api, bisa digunakan di dalam sebuah pabrik atau pada kereta api pada umumnya, yaitu untuk menimbang sebelum barang diangkut/dibawa, agar tidak terjadi over loading bisa mengakibatkan kecelakaan.
Selain keperluan tersebut di atas dapat juga untuk menimbang batu split dalam proyek pembuatan sebuah jalan kereta api, seperti pada proyek PT. KAI di Cirebon (depan Stasiun Arjowinangun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar